Hubungan Pikiran Dengan Tubuh

|

Hubungan Pikiran Dengan Tubuh

Apa perbedaan dari pengobatan cara Alophatik (suatu cara pengobatan yang bertujuan membunuh penyakit dengan menggunakan obat-obatan atau operasi) Barat dengan seluruh pengobatan cara tradisional yang ada memiliki dua konsep utama yaitu pemisahan pikiran (jiwa) dan jasmani serta pemikiran bahwa alam dapat menjelaskan secara materialistis. Dengan kata lain, setiap penyembuhan cara tradisonal ditengarai tidak akan lepas dari hubungan antara jiwa dan soma (minuman ekstrak tanaman – jenisnya masih dalam perdebatan – yang digunakan oleh leluhur bangsa India sebagai persembahan kepada dewa dan juga semacam minuman keabadian dalam ritual pengikut Vedic) . “Penyakit “ tidak terbatas pada tubuh fisik saja ; namun pikiran dan emosi juga merupakan beberapa faktor penyebab. Penyembuhan seharusnya ditujukan pada elemn-elemen ini. Sembuh dari sakit bukan hanya hal membenahi tubuh fisik.

Pikiran adalah getaran kuat yang dapat membuat badan kita sehat atau sakit. Pikiran negatif dapat menyebabkan kita sakit dan terus membuat sakit. Sedangkan pikiran positif dapat menyembuhkan dan merubah kehidupan kita. Konsep-konsep ini datangnya bukan dari dunia metode sains yang melenceng. Namun berdasarkan fakta, terdapat sebuah badan riset ilmu pengetahuan yang sangat hebat untuk mendukung prinsip-prinsip ini.

Lebih dari 25 tahun, ilmuwan dari Laboratorium PEAR Universitas Princeton telah mendemontrasikan kekuatan hubungan antara keinginan manusia dengan perilaku mesin. Mereka menunjukkan bahwa individu yang tidak terlatih dapat mempengaruhi hasil akhir dari alat penghasil nomor acak pada mesin mekanik dan elektronik, hanya dengan mengarahkan pikiran pada nomor-nomor yang harus keluar. Efek-efek yang timbul tidak tergantung pada ruang dan waktu, dan dapat mencapai jarak ribuan mil jauhnya. Pemikiran ini telah berusia ratusan tahun dan telah mengakar diberbagai kebudayaan kuno di seluruh dunia.

Namun bagaimanapun juga , pengobatan alopathik Barat biasanya mengabaikan konsep-konsep tersebut. Kebanyakan para dokter tidak mempelajari lebih lanjut ilmu alam semasa pendidikan pasca sarjana ataupun sekolah medis lain.

Pengobatan Tiongkok kuno dan Ayurveda (pengobatan tradisional bangsa India) mengkaitkan hubungan antara gejala-gejala badaniah dan emosi. Dalam pengobatan Tiongkok, paru-paru merupakan gudang untuk kesedihan, hati untuk kemarahan, dan ginjal untuk ketakutan. Sedangkan dalam Ayurveda, vata doha menimbulkan radang sendi dan rasa khawatir, pitta menyebabkan bisul dan kemarahan. Dengan tetap mempertimbangkan susunan pemisahan antara elemen-elemen ini.

Pengobatan Farmasi

Sebelum datangnya kejayaan pengobatan farmasi, dengan meluasnya penawaran bagi kelemahan fisik kita, para dokter adalah pengobat yang sempurna. Voltaire (seorang penulis besar dari Perancis pada abad ke-17) menjelaskan peran kita adalah sebagai penghibur, untuk menjaga pasien tetap terhibur sehingga penyembuhan alaminya dapat bekerja. Sir William Osler, termasuk salah satu bapak penemu pengobatan alophatik Barat (sistem pengobatan yang membunuh penyakit dengan menggunakan obat-obatan seperti obat farmasi atau operasi yang dapat menimbulkan efek yang berlawanan terhadap penyembuhan penyakit), menekankan pentingnya untuk mengenal pasien yang menderita penyakit, daripada mengetahui jenis penyakit apa yang diderita pasien.

Namun, pengobatan alophatik Barat bukanlah bisnis penyembuhan. Dapat dikatakan, itu merupakan sebuah sistem perawatan penyakit. Dengan sifat alamiahnya, model penyembuhan alophatik Barat membuat orang sakit dan tetap sakit. Sesungguhnya pendekatan terhadap penyakit kronis tidak dapat menyembuhkan siapapun juga. Pengobatan farmasi hanyalah menahan gejala, mengganggu mekanis penyembuhan alami organisme manusia. Mereka yang ragu dan mereka yang mendukung paradigma biomedis kita yang berpengaruh, membuat obat-obat asing demi pergerakan dunia atau mungkin sebuah inisial diagnosa yang salah. Sesungguhnya, mereka mengabaikan mediator penyembuhan yang paling kuat: pikiran, keinginan dan kesadaran.

Seluruh konsep kuno ini, pernah hilang, namun kini mulai bangkit dengan munculnya pasien-pasien yang masih belum sembuh dan mencari-cari ilmuwan yang dapat menyembuhkan penyakit mereka. Para ilmuwan tersebut adalah ilmuwan farmasi, para imunologi dan toksinologi yang berpengalaman dalam melakukan penelitian dosis rendah untuk mendukung ketelitian fenomena homeophatik (Sebuah sistem praktek medis dalam merawat suatu penyakit, yang mengutamakan pemberian obat dalam dosis sangat rendah yang terdapat di dalam tubuh manusia sehat yang memperlihatkan gejala serupa dengan beberapa penyakit). Mereka adalah para ahli fisika dan insinyur. Mereka adalah psikoneuromonologi dan parapsikologi (suatu bidang ilmu yang mempelajari indera keenam manusia seperti telepati, clairvoyance dsb), yang percaya bahwa konsep pikiran mempengaruhi masalah dan pikiran mempengaruhi tubuh. Mereka adalah para dokter yang berpikir terbuka dan para peneliti lain yang meneliti kekuatan doa berefek pada fenomena penyembuhan.

Beberapa contoh bagaimana pikiran kita dapat mempengaruhi kesehatan kita termasuk berikut: berpikir positif mengurangi level gula darah pada diabetes, memperkecil serangan asma, mengurangi gejala radang usus besar dan memperbaiki fungsi immune terhadap virus HIV. Tidak hanya pikiran kita dapat mempengaruhi tubuh kita, namun juga pikiran kita dapat mempengaruhi lain-lain. Berbagai studi telah mendemonstrasikan kemanjuran klinis dari doa, khususnya efek positif dari doa kepada pasien dalam sebuah unit penyembuhan penyakit jantung koroner .

Sebagai tambahan pada konsep bawaan dasar yang berhubungan dengan tubuh dan pikiran, seperti yang disarankan baik oleh kebijakan kuno dan pengetahuan modern, merupakan keberadaan beberapa sumber yang tak terkatakan, energi, keterhubungan, yang mencakup semuanya dan mempengaruhi kita semua. Tradisi penyembuhan di seluruh dunia menggambarkan bahwa sumber ini sebagai sebuah saluran penyembuhan.

Menyembuhkan Tubuh Sendiri

Di saat kita merasa senang mengetahui kebijakan kuno ini, dan diberikan harapan bahwa hal yang saling mengimbangi dan obat-obatan alternatif mendukung ide pengobatan pikiran-tubuh, kita masih kehilangan mata rantai. Sampai kita dapat menyadari bahwa pikiran lebih kuat daripada molekul, daripada pengobatan farmasi, dan bahwa kita dapat mempergunakan konsep ini untuk benar-benar menyembuhkan tubuh kita sendiri, kita tidak menyadari potensi penuh bahwa kebohongan menyelubungi kita.

Pikiran dan perasaan mempengaruhi kita. Mereka dapat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan kita: kesehatan, hubungan interaksi, bahkan keuangan. Apa yang paling sering kita temukan dalam pekerjaan kita adalah dampak dari pikiran dan perasaan terhadap kesehatan. Pikiran negatif dan perasaan yang tidak terekspresi dapat menghambat energi, yang menjadi pusat bagi penyakit.

Kebudayaan kita tidak siap untuk mendukung hubungan yang berkaitan dengan emosi kita, terutama terhadap penilaian negatif. Banyak di antara kita yang menghabiskan hidup tanpa memahami bagaimana perasaan kita, membiarkan diri untuk dapat mengekspresikan perasaan kita. Malahan justru “menyembuhkan” diri kita sendiri dengan segala aktifitas yang menghindari perasaan menjadi tidak nyaman. Kecanduan kerja, makanan, alcohol, kecanduan olahraga, ketergantungan obat-obatan dan berinteraksi dengan orang lain adalah cara kita untuk menghindar memahami perasaan dan diri pribadi kita.

Pikiran adalah normal dan alami. Kemarahan, kesedihan, rasa takut, atau apapun yang Anda rasakan, adalah hal yang sepenuhnya normal dan alami. Hal-hal itulah yang kita lakukan dalam merespon perasaan alami yang telah ditetapkan untuk kita daripada menjadi bom waktu dalam tubuh. Menyimpan perasaan yang tidak nyaman di dalam hati dapat membuat kita sakit.

Saat kita mempelajari untuk merasakan perasaan kita, dan “membiarkan” mereka, daripada menyimpan mereka di tubuh kita, kita dapat merasakan kekuatan bawaan dasar yang luar biasa yang dipunyai setiap orang. Berikut ini tips sederhana yang dapat membantu Anda untuk berhubungan dengan segala perasaan dan mengubah pikiran-pikiran negatif serta perasaan tidak nyaman.

Ambilah sebuah buku catatan yang dapat dijadikan sebagai buku harian. Ini dapat membantu jika Anda dapat menjalankannya setiap hari dan memulai hari Anda dengannya. Jika schedule Anda tidak memungkinkan, dapat dikerjakan bila ada waktu. Anda akan segera kehilangan kesempatan ini jika tidak Anda lakukan. Namun apabila Anda dapat meluangkan waktu Anda mengerjakannya, Anda akan menemukan sebuah sumber ketenangan pada saat timbul situasi yang bisa membuat perasaan menjadi tidak nyaman.

1) Aliran Teknik Kesadaran : Tuangkan seluruh pikiran dan perasaan Anda dalan tulisan, termasuk juga ketakutan, benci dendam dan kegelisahan. Apabila anda tidak yakin, maka tulislah itu. Bahkan dalam keadaan di mana Anda tidak ingin menulis, juga tulislah hal itu ! Apapun yang terjadi tetaplah berada “di dalam momen”. Jangan menyensor ataupun menghakimi apa yang Anda tulis. Bawa perasaan Anda sampai pada batas. Seperti, jika Anda khawatir akan masalah keuangan, tulislah mengapa, apa yang akan terjadi – juga ketakutan Anda yang paling dalam. Apabila Anda sedang mengalami masa-masa sulit bersama pasangan Anda, sahabat dekat ataupun rekan kerja, tulislah hal ini. Selama Anda melakukan cara ini, pikiran Anda akan secara alamiah merespon dengan merenungkannya. Perasaan yang sulit akan berubah menjadi respon positif. Tulislah juga. Namun apabila berbagai perasaan muncul, lanjutkan cara ini sampai Anda sudah tidak dapat menulisnya lagi.

2) Respon menulis menggunakan tangan yang tidak dominan : Setelah Anda mengeluarkan uneg-uneg Anda dalam tulisan, menulislah dengan menggunakan yang tidak dominant misalnya jika Anda biasanya menulis menggunakan tangan kanan, maka gunakanlah tangan kiri begitu juga sebaliknya. Usahakan jangan menyensor apapun, Anda tidak perlu khawatir terhadap bagaimana bentuk tulisan Anda. Biarkan tangan Anda menulis apapun yang ada dalam benak Anda. Lalu lihatlah hasilnya nanti – mungkin Anda akan terkejut !


Ramuan Tradisional Dan Faktor Yang Pengaruhi Nafsu Makan Anak

|
Beberapa ramuan yang dapat menambah nafsu makan anak


1. LEMPUYANG WANGI

Ambil lempuyang wangi kira-kira seukuran 3/4 jari, kemudian cuci pakai air bersih. Setelah itu, parut dan beri air masak 3/4 cangkir. Tambahkan madu satu sendok makan. Hasil parutan itu kemudian diperas dan disaring, tambahkan madu satu sendok makan. Diminum satu kali sehari.

2. TEMULAWAK

Ambil temulawak kira-kira yang berukuran 1/2 jari, lalu cuci bersih. Setelah itu parut, dan beri air masak dua sendok makan. Hasil parutan diperas dan disaring, Tambahkan madu satu sendok makan. Diminum satu kali sehari.

3. TEMUHITAM

Potong temuhitam kira-kira seukuran 3/4 jari lalu cuci dengan air bersih dan rebus sampai mendidih dengan tiga gelas air (sampai airnya tinggal 3/4 saja). Setelah dingin, larutan tadi disaring, campurkan dengan gula aren. Diminum satu kali sehari.

4. DAUN PEPAYA

Ambil daun pepaya yang muda, kemudian cuci pakai air bersih. Lalu tumbuk sampai halus, dan beri air masak sekitar 3/4 cangkir. Peras dan saring. Tambahkan madu satu sendok makan. Diminum satu kali sehari.

5. DAUN SEMBUNG

Ambil daun sembung satu genggam. Kemudian cuci dan rebus dengan air sebanyak tiga gelas, sampai airnya tersisa 3/4 saja. Tunggu sampai ramuan dingin, setelah itu saring dan campurkan madu dan berikan pada anak. Untuk menghasilkan manfaat lebih maksimal, sebaiknya diminum dua kali sehari.

6. TOMAT

Pilih Tomat yang matang dan segar lalu potong-potong dan buang bijinya. Blender tomat dan sajikan dalam bentuk jus tomat. Rasa tomat yang agak masam karena tomat kaya akan garam mineral, Inilah yang dengan segera menerbitkan nafsu makan, tak lama setelah menyantapnya. Mineral-mineral ini juga merangsang pengeluaran air liur, yang menambah rasa lapar dan memungkinkan makanan dicerna dengan lebih baik.

Nafsu makan anak-anak berkurang disebabkan oleh beberapa hal:


Kurangnya variasi makanan yang diolah.

Hal ini bisa ditanggulangi dengan:

1. Mencoba dengan bahan yang sama tetapi dengan resep yang berbeda, misalnya jagung selain dibuat sop, bisa juga dimasak untuk dadar jagung, atau makanan selingan seperti kue jagung, jenang jagung dan lain sebagainya.

2. Menambah makanan selingan dengan bahan yang bergizi diantara makanan utama misalnya dari ketela pohon direbus kemudian dihaluskan,kemudian dikepal, di dalamnya diberi gula merah, dicelupkan dalam adukan 1 butir telor lalu digoreng, atau wortel (tambahkan daging bila ada) dicincang, tumis dengan bawang putih dan daun bawang, masukkan bihun yang sudah ditiriskan tambahkan kecap sedikit, gula dan garam secukupnya.

3. Tetap diusahakan agar anak selalu makan (makanan utama) 3 kali sehari agar nutrisi yang masuk dalam tubuh anak terjaga, perlu diberitahukan pada pembantu rumah tangga yang menyuapi si anak agar sabar dan telaten.

4. Menambah multivitamin yang sesuai dengan kondisi dan umur anak misalnya selain ASI ditambah dengan susu yang dibutuhkan tubuh si anak (bisa melalui konsultasi gizi dengan dokter si anak).

Masa peralihan pemberian makanan lunak ke padat (umur 2 tahun keatas).

Hal ini bisa diatasi dengan ramuan:

> Sesendok makan air jeruk nipis diberi gula secukupnya, diminum 2x sehari sesudah makan.

> Sehelai daun pepaya segar dicuci lalu dilumatkan dengan sedikit garam dan diberi air matang sedikit demi sedikit kira-kira 1/4 gelas , peras airnya kemudian diminum sekaligus.

Sakit perut semacam sakit perut biasa, mencret/diare, cacingan, dll.

CACINGAN:

250 g mentimun dan 500 g tahu di buat sop.

Segenggam daun pare segar diseduh dengan 1/4 gelas air lalu disaring dan diberi 1 sendok teh madu kemudian diminum sebelum sarapan.

5 wortel yang sudah dikeringkan ditumbuk/parut sampai menjadi bubuk, seduh dengan air secukupnya, minum 2x sehari, 5 g setiap kali minum.

Bila cacingan kremi: 3 siung bawang putih dikupas, dicuci, kunyah sampai halus, telan dan minum air hangat, lakukan 1-2x sehari atau dengan resep : 1/4 kelapa hijau dan 1 wortel diparut, campur kedua bahan ini dengan bahan segelas air, peras dan saring, dan diminum malam hari sebelum tidur.

Bila cacingan gelang: 60 g jahe segar dicuci lalu dilumatkan dan diberi segelas air, lalu disaring dan diberi 1 sendok makan madu, dan diminum 3x sehari atau dengan resep : 2 sendok biji pepaya dilumatkan lalu diseduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu ditambahkan 1 sendok makan madu dan diminum selagi hangat 1x sehari.


Sumber : http://officesoft.wordpress.comhttp://www.dechacare.com

Susu kambing manfaatnya dan kandungannya

|

Berdasarkan kesimpulan dari beberapa referensi, bahwa susu kambing memiliki kandungan mineral yang sempurna dan sangat bermanfaat untuk memperbaiki system jaringan tubuh manusia diantaranya :


a. Mengandung Zincum (Zn) pembentuk system kekebalan tubuh
b. Mineral Alkaline baik untuk penderita Maag Kronis.
c. Zat Flourin serta betakasein baik bagi penderita Bronchitis, Asma, TBC, Pneumonia.
d. Kandungan A2-betakasein dan Asam Amino Esensial pembentuk Insulin berguna bagi penderita diabetes
e. Cynokobalamin pembentu zat Hb bagi penderita Demam berdarah, Anemia, Thalasemia
f.  Kalium (K) berguna bagi penderita Arteriosclerosis, Tekanan Darah Tinggi maupun Darah Rendah
g. Enzim Xanthine Oxydase dan niasin (Vit B3) berfungsi mengatasi sel Kanker/Tumor dan mengurangi efek toksis kemoterapi
h. Kandungan Kalsium membantu pertumbuhan tulang dan mencegah Osteoporosis
i.  Kandungan MCTnya (Medium Chain Trygliseride) berguna bagi program Dietary dan penyembuhan akibat stroke
j.  Kaya dengan lactoglobulin penahan protein penyebab alergi
k. Tingkat keasaman yang menyerupai kulit dapat melembabkan dan mempercantik kulit
l.  Mengandung mineral, belerang metionin, riboflavin (Vit B2) dan B3 yang menumbuhkembangkan sel otak serta system saraf bagi kecerdasan anak.
m. Riboflavin (Vit B2) bermanfaat menurunkan frekuensi serangan migrain
n. Lactoferrin (LF), lactoperoxidase, lysozyme dan peptide dapat meningkatkan aktivitas CD4 dan sel T sebagai pembentuk system kekebalan tubuh bagi penderita infeksi virus HIV

Dikutip dari dr. Zen Djaja MD, Praktisi pengobatan herbal dan dr. Imelda Margaretha, Healt Consultan PT Diamond Interest International

http://www.blogcatalog.com

Manfaat Pare Bagi Kesehatan Dan Kesembuhan

|

Tanaman satu ini terkenal karena buahnya yang pahit. Toh, meski pahit, tanaman pare ternyata memiliki banyak khasiat. Tanaman satu ini memang pahit. Tapi, di balik rasa pahit itu ternyata tersimpan sejuta manfaat untuk kesehatan. Coba perhatikan kandungan kimia yang terdapat pada tanaman pare. Buahnya mengandung albiminoid, karbohidrat, dan zat warna, daunnya mengandung momordisina, momordina, karantina, resin, dan minyak lemak, sementara akarnya mengandung asam momordial dan asam oleanolat. Bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.

Tanaman pare (Momordica charabtia) berasal dari kawasan Asia Tropis, namun belum dipastikan sejak kapan tanaman ini masuk ke wilayah Indonesia. Saat ini tanaman pare sudah dibudidayakan di berbagai daerah di wilayah Nusantara. Umumnya, pembudidayaan dilakukan sebagai usaha sampingan. Pare ditanam di lahan pekarangan, atau tegalan, atau di sawah bekas padi sebagai penyelang pada musim kemarau.

Ada sederetan penyebutan nama tanaman pare, misalnya: paria, parea, pepareh, popare, papari, pepare, pariane, kambeh, paya, prieu, foria, pariak, paliak, truwuk, paita, poya, pudu, pentoe, beleng-gede, pania, pepule, kakariano, dan taparipong. Ini menunjukka, tanaman pare sudah tersebar di pelosok daerah. Hanya saja, masih banyak belum diketahui, pare ternyata bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit maupun meningkatkan kesehatan manusia.

Pare tergolong tanaman semak semusim, yang hidupnya menjalar atau merambat, dengan sulur berbentuk spiral. Daunnya tunggal, berbulu, berbentuk lekuk tangan, dan bertangkai sepanjang 10 cm. Bunganya berwarna kuning-muda. Batangnya masif mempunyai rusuk lima, berbulu agak kasar ketika masih muda, namun setelah tua gundul, warna hijau. Buahnya buni, bulat telur memanjang, warna hijau, kuning sampai jingga, dan rasanya pahit. Biji keras, warna cokelat kekuningan.

Apa saja, sih, kegunaan tanaman pare?

Khasiat Buah

1. Disentri

Sediakan 2 buah pare segar, cuci lalu potong-potong. Tambahkan seperempat gelas air bersih, lalu diblender. Seduh dan peras. Silakan diminum 2 kali sehari.

2. Kencing Manis

Ambil 2 buah pare, cuci dan lumatkan. Tambahkan setengah gelas air bersih. Aduk dan peras. Minum sehari sebanyak 1 ramuan. Diulang selama 2 minggu.

3. Penambah ASI

Ambil 1 buah pare, cuci bersih, lalu rebus beberapa menit. Dipakai sebagai lalap.

4. Bisul

Buah pare dipakai sebagai obat luar. Ambil 1 buah segar lantas dilumatkan. Borehkan pada bagian yang terkenal bisul.

5. Bronkhitis

Sediakan 2-3 buah pare, lalu diambil sarinya. Berikan 1 sendok makan madu. Minum sekali sehari. Lakukan selama 3 bulan. Resep ini juga baik untuk menyembuhkan anemia, radang perut, sakit pada hati, nyeri haid, reumatik, dan melangsingkan tubuh.

6. Melawan sel kanker (Mencegah kanker Payudara)

Tak banyak orang yang paham benar khasiat sayur pare. Umumnya kita tahu dari mulut kemulut. Tapi dari berbagai literatur, khasiat pare ternyata diakui didunia. Seperti yang dikutip blog seputar obat dari berbagai sumber, pare antara lain memiliki khasiat “melawan sel kanker”. Penelitian yang dilakukan di Jepang dan dimuat dalam majalah Kenko edisi September 2003, menggunakan tikus sebagai binatang percobaan.

Tikus-tikus yang telah diinjeksi sel kanker di dalam perutnya, diberi ekstrak pare untuk mengetahui perkembangan sel kanker. Hasilnya, ternyata sel kanker yang terdapat di dalam perut tikus berhenti berkembang. Khasiat ini diperoleh dari salah satu kandungan zat dalam pare, yaitu “lesichin” dan zat lain yang berfungsi untuk mengaktifkan kerja kekebalan yang berfungsi untuk melawan sel kanker. Khasiat ini tidak hanya bagi orang yang sudah terkena kanker. Bagi orang yang sehat pun dengan mengonsumsi pare dapat mencegah terkena kanker.


Khasiat Daun

1. Bisul dan cacing kremi

Sediakan 1 genggam daun segar, diberi seperempat cangkir air bersih, lalu blender. Saring dengan kain kasa. Jika perlu, tambahkan sedikit garam, gula aren secukupnya, dan jeruk nipis. Minum sekali sehari seperempat cangkir. Lakukan selama 1 minggu.

2. Demam nifas
Ambil 3 daun pare segar, cuci bersih, dan lumatkan. Tambahkan segelas air dan sedikit garam, lalu seduh. Peras dan saring, lalu minum 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.

3. Penambah ASI

Sediakan 2 daun pare lalu panaskan beberapa saat. Kompreskan pada payudara.

4. Sakit pada hati

Sediakan 6 gram daun pare segar, 5 gram rimpang temulawak, dan 110 ml air. Didihkan semua bahan selama 15 menit, lalu saring dengan kain kasa, dan peras. Minumlah sekali sehari. Ulangi selama 2 minggu.

5. Rambut Subur

Ambil beberapa helai daun pare segar, cuci bersih lalu remas-remas. Cukup dioleskan ke kulit kepala anak.

6. Batuk

Pilihlah 7 daun pare segar, lantas seduh dengan 2 sendok makan air bersih. Setelah itu, peras dan saring. Minum 2 kali sehari.

7. Bekas luka

Cuci bersih segenggam daun pare segar, lalu lumatkan. Tambahkan air panas sedikit, lalu peras. Campur air perasan dengan 2 sendok makan tepung beras, lalu aduk sampai merata. Borehkan pada bagian bekas luka setiap hari.

8. Wasir

Ambil 5 daun pare segar, tambahkan seperempat gelas air, didihkan dan peras. Ambil 3 sendok air perasan ini, lalu dicampur dengan segelas yoghurt cair. Minum setiap pagi.

9. Kemandulan

Sediakan 27 gram sari daun pare segar, 7 butir lada hitam, 3 siung bawang putih, dan 27 gram gula jawa. Semua bahan dilumatkan, lalu tambahkan segelas air bersih. Didihkan dan peras. Minum air perasan setiap hari selama 3-4 bulan.

10. Penyakit kulit

Buatlah 1 cangkir sari daun pare. Caranya, ambil 3 helai daun pare ditambah satu setengah cangkir air. Didihkan dan peras. Campur air perasan berupa sari ini dengan sesendok air jeruk. Minum sekali sehari.

11. Rabun malam

Sari daun pare dioleskan di sekitar mata.

Khasiat Akar

1. Disentri Amoeba

Ambil segenggam akar pare, tambahkan segelas air bersih. Didihkan dan peras. Minum sekali sehari.

2. Ambeien

Ambil akar pare, cuci bersih, lantas lumatkan. Oleskan ramuan ini pada ambeien.

COBA HIDROPONIK

Lahan terbatas? Tak masalah, gunakan saja cara hidroponik.

Persiapan Media

Satu ember plastik warna hitam, plastik strimint sepanjang 25 cm, pupuk majemuk NPK (15-15-15), insektisida, dan zeolot. Lubangi dasar ember untuk memperlancar pengeluaran air. Lalu, masukkan plastik strimint selebar dasar ember. Tambahkan zeolot secukupnya, jangan terlalu penuh. Penambahan zeolot seiring dengan pertumbuhan pare. Tambahkan pula pupuk NPK dan butiran insektisida. Lakukan penyiraman secara rutin, hingga air yang keluar menjadi jernih.

- Persemaian

Benih pare direndam dalam air hangat selama 1 jam, lalu ditanam dalam bak plastik berisi pasir sedalam 1 cm. Lakukan penyiraman saban hari. Pada umur 1 minggu, biasanya muncul 2 daun, biarkan sampai punya 4 daun. Setelah itu, barulah ditanam dalam ember yang sudah disiapkan. Letakkan pare hidropinik ini di tempat yang teduh dan aman dari segala gangguan.

- Perawatan

Pasang ajir 5 hari setelah tanam untuk merambatkan tanaman. Selain itu, ajir juga akan memudahkan pemeliharaan, dan tempat menopang buah pare yang posisinya bergelantungan. Kalau ada hama, segera ambil dan bunuh. Bila perlu, semprot dengan insektisida.

- Petik buah

Pare hidroponik dapat dipanen 10 – 12 minggu setelah tanam.

Kandungan gizi buah pare dalam 100 gram:

No. Kandungan gizi Jumlah

1. Kalori 29,00 kal

2. Protein 1,10 gr

3. Lemak 0,30 gr

4. Karbohidrat 6,60 gr

5. Kalsium 45,00 mg

6. Fosfor 64,00 mg

7. Zat besi 1,40 mg

8. Vitamin A 180,00 SI

9. Vitamin B 0,08 mg

10. Vitamin C 52,00 mg

11. Air 91,20 gr

Sumber : http://www.nusaku.com/forum/showthread.php?t=5931

SIRSAK MANFAAT DAN KANDUNGANNYA

|
Sirsak buah yang bernama latin Annona Muricata, di kenal juga dengan nama nangka sabrang, nangka londo, nangka buris, dan di Bali lebih dikenali sebagai srikaya Jawa. Di LN dikenal juga dengan nama Soursop. Selain lezat, buah ini juga kaya kandungan obat.

Khasiat dari buah sirsak ini memberikan effek anti tumor/kanker yg sangat kuat,dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker.Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak jg berfungsi sebgi anti bakteri,anti jamur(fungi),effektive melawan berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stress, & menormalkan kembali sistim syaraf yg kurang baik.

Rasanya yang manis keasaman itu memberikan sensasi tersendiri bagi para penggemarnya. Bagi yang senang sarapan dengan roti, buah sirsak juga sering ditambahkan dalam bentuk selai. Apapun bentuk olahannya, cita rasa sirsak tetap melekat kuat pada produk, sehingga sangat mudah dikenali.

Adapun kandungan dari buah sirsak adalah sbb:

Kaya Vitamin C

Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah.

Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 – 93,6 persen dari kandungan gula total.

Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg/100 g) tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg/l00 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

Kaya Serat

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah.

Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Senyawa fitokimia tersebut dipastikan memiliki khasiat bagi kesehatan, walaupun belum semuanya terbukti secara ilmiah. Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).

Sari buah (jus) sirsak di dalam sistem pencernaan akan meningkatkan selera makan. Kegunaan lain dari sari buah ini adalah untuk pengobatan pinggang pegal dan nyeri, penyakit wasir (ambeien), batu empedu, dan lain-lain. (Oleh: Prof. DR. Made Astawan, Ahli Teknologi Pangan dan gizi.

Berikut rangkuman kegunaan sirsak :

Sirsak mempunyai manfaat yang sangat besar dalam pencegahan dan penyembuhan penyakit kanker. Untuk pencegahan, disarankan makan atau minum jus buah sirsak. Untuk penyembuhan, bisa dengan merebus 10 buah daun sirsak yang sudah tua (warna hijau tua) ke dalam 3 gelas air dan direbus terus hingga menguap dan air tinggal 1 gelas saja. Air yang tinggal 1 gelas dimimumkan ke penderita setiap hari 2 kali.
Setelah minum, efeknya katanya badan terasa panas, mirip dengan efek kemoterapi. Dalam waktu 2 minggu, hasilnya bisa dicek ke dokter,katanya cukup berkasiat. Daun sirsak ini katanya sifatnya seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal. Sedangkan kemoterapi masih ada efek membunuh juga sebagian sel sel yang normal. http://forum.vibizportal.com

Khasiat dan manfaat untuk pengobatan lainnya:

* Ambeien.

Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

* Sakit Kandung Air Seni.

Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

* Bayi Mencret.

Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

* Anyang-anyangen.

Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.

* Sakit Pinggang.

20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.

*Bisul.

Daun sirsak yang masih muda secukupnya, tempelkan di tempat yang terkena bisul.

sumber: sini (http://sudarjanto.multiply.com/journal/item/6695)

SIDAGORI (Sida rhombifolia), TANAMAN OBAT POTENSIAL PENYEMBUH ASAM URAT

|

        Sidagori (Sida rhombifoli Linn.) merupakan salah satu jenis tanaman obat dari famili Malvaceae yang memiliki banyak khasiat sebagai obat. Tanaman ini merupakan tanaman semak yang tumbuh liar dan banyak ditemui di pinggir selokan, sungai dan di bawah pohon besar. Salah satu khasiat utamanya adalah untuk menyembuhkan penyakit asam urat yang sering diderita baik pria maupun wanita di atas usia tiga puluh tahun. Penggunaan tanaman ini untuk obat tidak be-gitu sulit, yakni dengan memanfaatkan seluruh bagian tanaman be-rupa daun, batang dan akar. Semua bagian tanaman direbus dan terakhir di tambahkan gula merah untuk menambah rasa. Air seduhan sidagori ini diminum secara teratur selama tiga hari.

Tanaman obat sidagori (Sida rhombifolia Linn.) memiliki sinonim Sida spinosa Linn. atau Sida retusa Linn., saat ini telah banyak dikenal masyarakat karena dapat menyembuhkan berbagai pe-nyakit. Dengan adanya kecenderungan pola hidup masyarakat untuk kembali ke alam, maka penggunaan obat tradisional saat ini kembali meningkat. Penggunaan obat-obatan tradisional tersebut disamping biayanya murah, efek penyembuhannya benar-benar dapat dirasakan.

Sidagori tumbuh tersebar di daerah tropis di seluruh dunia, mulai dari dataran rendah sampai ketingian 1450 m di atas permukaan laut. Merupakan tanaman semak yang memiliki tinggi mencapai 70 cm. Batang agak berkayu, bulat agak liat dengan warna cokelat. Daun tunggal, letak daun berseling berbentuk jantung, ujung bertoreh, pertulangan menyirip, berbulu rapat dan berwarna hijau. Panjang daun 1,5 - 4,0 cm dan lebar 1,0 - 1,5 cm. Bunga tunggal, bulat telur keluar dari di ketiak daun. Makhota bunga ber-warna kuning agak orange. Bunga mekar pukul 12 siang dan layu sekitar 3 jam kemudian. Buahnya bua batu terdiri dari 8 - 10 kendaga, diameter 6 - 7 mm. Buah muda berwarna hijau dan buah tua berwarna hitam. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah terbuka dan sering ditemui hidup liar di pinggiran selokan, pinggir sungai, dan di bawah tegakan pohon besar (Gambar di atas).

Budidaya

Sampai saat ini sidagori masih termasuk tanaman liar karena belum ada yang membudidayakannya. Selama ini perbanyakan tanaman dilakukan secara generatif dengan biji yang secara alami berkecambah di sekitar induknya atau terbawa angin dan berkecambah di tempat lain. Perbanyakan dengan setek tergolong sulit sehingga jarang dilakukan.

Fitokimia

Sidagori memiliki sifat khas manis dan mendinginkan. Kandung-an utama tanaman adalah tanin, fla-vonoid, saponin, alkaloid dan gliko-sida. Di samping itu juga ditemui kalsium oksalat, fenol, steroid, efedrine dan asam amino. Kadar kimia zat tersebut ditemui pada kisaran yang berbeda-beda pada jaringan tanaman. Pada akar ditemui alkaloid, steroid dan efedrine. Pada daun di-temui juga alkaloid, Kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino dan minyak atsiri, pada batang ditemui calsium oksalat dan tanin.

Pembuatan simplisia

Seluruh bagian tanaman sidagori dapat dijadikan simplisia yaitu daun, batang dan akar. Pembuatan simp-lisia sidagori cukup mudah. Ta-naman sidagori dicabut dari tanah, lalu semua kotoran yang menempel pada tanaman dibersihkan dengan air mengalir. Setelah itu, dilakukan penjemuran di bawah sinar matahari sampai tanaman benar-benar kering yang ditandai dengan daun, batang dan akar yang gampang dipatahkan. Setelah itu simplisia dimasukan ke dalam kantong plastik putih dan diikat lalu disimpan pada suhu ruang untuk digunakan sewaktu-waktu se-bagai bahan obat.

Kegunaan/manfaat

Sidagori memiliki khasiat anti radang, anti inflamasi, diuretik dan analgesik. Penggunaan tanaman ini sebagai obat telah lama diyakini masyarakat. Pada awalnya tanaman ini sering digunakan untuk meng-obati penyakit, diantaranya rematik, demam, disentri, cacing kremi, bisul dan ketombe. Namun akhir-akhir ini sidagori banyak dimanfaatkan oleh penderita penyakit asam urat. Pada prinsipnya semua orang mengandung asam urat dengan kadar yang berbeda-beda sesuai dengan kemam-puan metabolismenya. Kadar normal asam urat di dalam darah berkisar antara 2 - 7 mg% . Bila melebihi dari 7 mg%, maka kondisi tersebut akan dapat menimbulkan GOUT akibat kristalisasi dalam persendian. Gout adalah serangan asam urat yang parah sehingga penderita benar-benar merasa kesakitan. Kondisi ini terjadi akibat ginjal tidak akan sang-gup mengaturrnya sehingga ke-lebihannya akan menumpuk pada jaringan dan sendi. Tapi jangan salah, kadar asam urat dalam level rendahpun ternyata berbahaya juga karena dapat menimbulkan sakit akibat pelepasan kristal dari tempat-nya menempel di persendian. GOUT yang disebabkan oleh asam urat memang muncul sesekali karena meta-bolisme purin yang tidak normal. Makin tinggi kadar purin dalam darah akan meningkatkan kadar asam urat.

Pada beberapa daerah seperti Bogor dan Jakarta, tanaman ini sudah banyak diaplikasikan masyara-kat untuk mengobati asam urat yang terbukti dengan banyaknya informasi di media mengenai pengalaman keberhasilan menggunakan terhadap tanaman ini. Khususnya di Balitro sendiri, pemanfaatan tanaman ini sudah banyak dicoba oleh peneliti dan kemanjurannya cukup terbukti. Sebenarnya penggunaannya sebagai obat tidak begitu sulit, hanya dengan mengkonsumsi seluruh bagian dari tanaman yaitu batang, daun dan akarnya. Untuk tujuan menyembuh-kan asam urat, akar tanaman lebih berperan penting karena kandungan zat berkhasiat tersebut lebih tinggi di akar. Disarankan menggunakan satu batang lengkap tanaman sida-gori termasuk akarnya (100 g/tanam-an), dicuci bersih lalu direbus dengan menggunakan air sebanyak satu liter. Air rebusan ditunggu sam-pai menjadi setengahnya, kemudian disaring. Air rebusan sidagori rasanya sedikit langu, perlu ditambahkan sesendok gula pasir atau gula merah ke dalam air seduhan sehingga rasa-nya menjadi agak manis. Teknik ini sebaiknya dilakukan selama tiga hari, sehingga proses penyembuhan asam urat lebih berhasil.

Mengingat tanaman ini sangat potensial, disarankan aspek budidaya perlu diteliti karena sampai saat ini tanaman masih tergolong liar, begitu juga dengan penanganan pasca pa-nen sehingga simplisia yang dihasilkan dapat dijamin mutunya. (Sumber : Sitti Fatimah Syahid, Warta Puslitbangbun Vol.13 No. 2, Agustus 2007)

PENGGUNAAN TANAMAN KELAPA (Cocos nucifera), PINANG (Areca catechu) DAN AREN (Arenga pinnata) SEBAGAI TANAMAN OBAT

|
Kelapa (Cocos nucifera), pinang (Areca catchecu) dan aren (Arenga pinnata) adalah tanaman yang termasuk dalam famili Palmae telah digunakan dalam pengobat-an tradisional secara turun-temu-run. Kelapa digunakan sebagai tanaman obat bahkan telah terbukti mengandung vitamin, lemak, asam amino, trigliserida yang sangat dibutuhkan tubuh. Sedangkan pinang digunakan untuk mengatasi penyakit seperti haid dengan darah berlebihan, hidung berdarah (mimisan), koreng, borok, bisul, eksim, kudis, difteri, cacing (kremi, gelang, pita, tambang) (bijinya), menceret, di-sentri, gigi goyah (biji dan kulit biji). Mengingat kandungan kimia tanaman pinang yakni alkaloid arekolin mengandung racun dan penenang sehingga tidak dianjur-kan untuk pemakaian dalam jumlah besar. Akar aren diguna-kan untuk mengatasi masalah batu ginjal.

Pada saat ini pemakaian obat tradisional berkembang de-ngan baik sebagai salah satu alternatif untuk menanggulangi ma-salah kesehatan seiring dengan ke-cenderungan masyarakat dunia untuk kembali ke alam (back to nature). Sesuai dengan permintaan masya-rakat yang meningkat, produk jamu dituntut tidak hanya berdasarkan pengalaman atau empirik saja tetapi diperlukan alasan-alasan rasional melalui referensi ilmiah sebagai produk yang alami. Informasi tentang “indogeneous knowledge” mengenai penggunaan tumbuhan obat dalam pengobatan tradisional sangat penting, khusus-nya pemanfaatan dari jenis-jenis tanaman yang berbeda dan telah di- pakai secara turun temurun serta sudah menjadi tradisi khas di setiap daerah dan suku di Indonesia. Mes-kipun hanya didasarkan pengalaman yang kemudian dipraktekkan secara turun temurun, sejarah telah mem-buktikan bahwa pengobatan tradi-sional telah berperan dalam me-melihara kesehatan masyarakat, jauh sebelum manusia mengenal cara pengobatan modern dan rasional. Kelebihan dari pengobatan dengan menggunakan ramuan tumbuhan secara tradisional tersebut ialah rendahnya efek samping yang di-timbulkan seperti yang sering terjadi pada pengobatan kimiawi. Namun yang menjadi masalah dan kesulitan ialah kurangnya pengetahuan dan informasi yang memadai mengenai berbagai jenis tumbuhan yang dapat dipakai sebagai ramuan obat-obatan, dan cara pembuatannya.

Tumbuh-tumbuhan yang mem-berikan manfaat, banyak ditanam di kebun atau di halaman sekeliling rumah, sehingga selalu tersedia apa-bila sewaktu-waktu diperlukan. Ke-lapa, pinang dan aren merupakan tanaman yang telah dibudidayakan dan dapat ditemukan di pekarangan rumah ataupun di kebun-kebun penduduk.

Tulisan ini menguraikan peranan tanaman kelapa, pinang dan aren dalam ramuan pengobatan tradisional masyarakat Indonesia.

Pemanfaatan Tanaman

1. Kelapa (Cocos nucifera)

Kelapa hijau dipercaya berkhasiat sebagai heamostatik, antipiretik dan diuretik dan laksatif, dan dapat mengatasi penyakit bronchitis, de-mam, disentri, hepatitis, (akar) men-cret, sakit perut, (arang tempurung); batuk darah, batu ginjal, cacing kre-mi, keracunan ikan, muntah darah dan pencahar (daging buah), men-cret, sakit perut dan bengkak (buah muda) dan nyeri pinggang, penawar racun, peradangan usus (air kelapa) dan perawatan rambut dan bahan pembawa ramuan luka bakar (minyak kelapa)

Masyarakat Dayak Kendayan di Kalimantan Barat menggunakan kelapa sebagai obat kena racun makanan, frambusia, TBC (santan dan air buahnya), mencret, disentri, cholera, lemah syawat (akarnya), borok, demam nifas (bunganya), gigi rusak/berlubang, kencing nanah (minyak tempurungnya), wasir, adanya pengapuran pada air seni (daging buahnya).

Pengetahuan tradisional ini perlu dibuktikan dengan hasil analisa empirik dan saat ini telah diketahui dengan hasil analisa kandungan nutrisi dari kelapa yang banyak me-ngandung gizi esensial. Daging buah kelapa muda misalnya, kaya akan kalori terutama dari karbohidrat. Protein kelapa, dibandingkan dengan kacang-kacangan, lebih baik dalam hal asam amino isoleusin, leusin, lisin, threonin dan valin. Adapun analisa nilai nutrisi daging buah kelapa umur 8 bulan adalah kadar air 90,59%, kalori 437 kkal/100 g, minyak 26,67%, protein 10,67%, serat kasar 3,98%, total karbohidrat 38,45%, pati 13,53%, gula sebagai glukosa 24,92%.

Sementara komposisi asam amino daging buah kelapa adalah isoleusin 2,5 g/16 g N, leusin 4,9 g/16 g N, lisin 2,7 g/16 g N, metionin 1,5 g/16 g N, threosin 2,3 g/16 g N, tripthopan 0,6 g/16 g N dan valin 3,8 g/16 g. Mineral utama yang terdapat pada daging buah kelapa adalah Fe (17 ppm), S (4,4 ppm), Cu (3,2), P (2.4 ppm). Kan-dungan vitamin pada buah meliputi vitamin C (10 ppm), vitamin B (15 IU), dan vitamin E (2 ppm).

Minyak kelapa sangat mudah dicerna dan diabsorbsi tubuh karena mengandung trigliserida yang ter-susun dari lemak rantai sedang (C6-C12). Komposisi asam lemak dalam minyak kelapa adalah C8 5-%, C10 6 - 10% dan C12 44 - 45% (total 55-65% asam lemak rantai sedang). Tri-gliserida asam lemak rantai sedang dapat digunakan untuk mengatasi hiper lipidemia dan kegemukan serta dapat digunakan dalam ransum untuk pasien pasca bedah dan bayi premature.

Daging buah kelapa juga mengandung 0,2 mg vitamin E (se-bagai tokoferol), namun proses pro-duksi minyak secara konvensional yang biasanya mengaplikasikan panas dan tekanan, mengurangi kandungan tokoferol dalam hasil akhir. Kandungan vitamin E opti-mum dapat diperoleh melalui per-baikan proses, yaitu dengan proses sentrifugasi santan dan produk yang dihasilkan dikenal dengan nama virgin oil. Virgin oil mempunyai aroma kelapa segar. Saat ini Virgin oil yang lebih dikenal dengan VCO (Virgin Coconut Oil) diyakini man-faatnya untuk mengatasi penyakit kanker bahkan dianggap lebih ampuh dibandingkan dengan buah merah (Pandanus conoideus).

Air kelapa muda (7 - 8 bulan) mengandung protein 0,13 g, minyak 0,12 g, karbohidrat 4,11 g, mineral Ca 20 mg, Fe 0,5 mg, vitamin asam askorbat 2,2 - 3,7 mg dan air 95,01/ 100 g.

2. Pinang (Areca catechu)

Air rebusan dari biji pinang digunakan untuk mengatasi penya-kit seperti haid dengan darah ber-lebihan, hidung berdarah (mimisan), koreng, borok, bisul, eksim, kudis, difteri, cacingan (kremi, gelang, pita, tambang), mencret dan disentri oleh masyarakat desa Semayang Kutai-Kalimatan Timur. Selain itu diguna-kan juga untuk mengatasi bengkak karena retensi cairan (edema), rasa penuh di dada, luka, batuk berdahak, diare, terlambat haid, keputihan, beri-beri, malaria, memeperkecil pupil mata. Biji dan kulit biji bagian dalam dapat juga digunakan untuk menguatkan gigi goyah, bersama-sama dengan sirih. Air rendaman biji pinang muda digunakan untuk obat sakit mata oleh suku Dayak Kendayan, di kecamatan Air Besar Kalimantan Barat.

Sementara bagi masyarakat Pa-pua umumnya, pinang muda diguna-kan bersama dengan buah sirih untuk menguatkan gigi. Selain se-bagai obat penguat gigi, masyarakat pesisir pantai desa Assai dan Yoon-noni, yang didiami oleh suku Men-yah, Arfak, Biak dan Serui (Papua), biji pinang muda digunakan sebagai obat untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan oleh kaum wanita dengan cara memasak buah pinang muda tersebut dan airnya diminum selama satu minggu.

Umbut pinang muda digunakan untuk mengobati patah tulang, dan sakit pinggang (salah urat). Selain itu umbut dapat juga dimakan sebagai lalab atau acar.

Daun pinang berguna untuk mengatasi masalah tidak nafsu makan, dan sakit pinggang. Selain sebagai obat, pelepah daun diguna-kan untuk pembungkus makanan dan bahan campuran untuk topi.

Sabut pinang rasanya hangat dan pahit, digunakan untuk gangguan pencernaan, sembelit dan edema.

Biji pinang rasanya pahit, pedas dan hangat serta mengandung 0,3 - 0,6%, alkaloid, seperti arekolin (C8H13NO2), arekolidine, arekain, guvakolin, guvasine dan isoguvasi-ne. Selain itu juga mengandung red tannin 15%, lemak 14% (palmitic, oleic, stearic, caproic, caprylic, lauric, myristic acid), kanji dan resin. Biji segar mengandung kira-kira 50% lebih banyak alkaloid di-bandingkan biji yang telah meng-alami perlakuan. Arekolin selain berfungsi sebagai obat cacing juga sebagai penenang, sehingga bersifat memabokkan bagi penggunanya.

3. Aren (Arenga pinnata)

Bagian dari tanaman aren yang digunakan sebagai bahan obat adalah akar dan nira. Akar digunakan untuk mengatasi penyakit batu ginjal dan ruam kulit, sedangkan tuak diguna-kan untuk mengatasi sariawan dan sembelit. Dalam mengatasi penyakit batu ginjal, akar aren digunakan bersama-sama dengan akar alang-alang, daun keji beling, herba menir-an dan air. Penggunaannya dilaku-kan selama 14 hari atau sampai batu ginjal keluar yang dapat berupa batu, pasir atau butiran. Air aren di-fermentasikan menjadi cuka yang digunakan untuk bahan pengawet (mematikan mikroba) pada ikan dan makanan lain selain juga memberi cita rasa pada makanan.

Nira dapat juga dibuat sebagai minuman segar, soft drink, gula semut, gula merah dan permen. Untuk pembuatan gula, pH nira dari 8 - 9 diturunkan menjadi netral (7). Untuk bahan baku gula, nira disadap di pagi hari selanjutnya nira disaring, dimasak dengan wadah terbuka, setelah mendidih diberikan sedkitit TSP (Triple Super Phosfate) untuk menurunkan pH. Setelah pH netral, cairan disaring kembali, kemudian dipindahkan ke wadaha yang lebih besar. Cairan dimasak sampai kental, dengan api kecil dan sering diaduk. Blaia mencapai kekentalan tertentu, dipindahkan ke wadah plastik dan disimpan pada kamar pendingin sampai mengkristal. Gula kristal dimasukkan ke wadah sentrifuge untuk pemecahan menjadi butiran sehingga terbentuk gula semut.

Pembuatan gula merah dilakukan dengan proses yang sama, hanya pada tahap akhir pada saat cairan mengental, dituangkan ke dalam ce-takan. Pembuatan permen dilakukan degna pemanambahan sirup gula yang hampir mengkristal dengan menambah ekstrak (lemon, mocca, susu, strawberry, dan lain-lain) Sirup tersebut disimpan dalam periuk tanah selama tiga bulan sambil sewaktu-waktu diaduk. Bila kristal telah terbentuk maka dikeluarkan sedikit demi sedikit lalu dibentuk kemudian dikemas sesuai ukuran yang dikehendaki.

Proses pembuatan tuak/arak secara tradisional adalah nira yang difermentasikan, dimasak, uapnaya dialirkan memalui selang plastik yang bagian luarnya diberi pen-dingin. Kandungan alkohol dalam arak ini sekitar 8%. Arak yang dibiarkan beberapa minggu kemudi-an dapat berubah menjadi cuka.

Dalam 100 ml nira segar mengandung total padatan sekitar 15,20 - 19,70 g, sukrosa 12,30 - 17,40 g, abu 0,11 - 0,41 g, protein 0,23 - 0, 32 dan asam ascorbik 16 - 30 g. Kelapa, aren dan pinang yang merupakan kelompok tanaman dari famili Palmae dapat dimasukkan dalam kelompok tanaman obat karena bermanfaat dalam penyem-buhan penyakit. Seluruh bagian tanaman dapat digunakan sebagai bahan baku obat, yakni mulai dari bunga, buah, santan, air buah dan akar. Pada pinang bagian yang bermanfaat adalah biji, umbut, dan dan sabut. Sedangkan pada aren bagian tanaman yang digunakan adalah akar dan nira.


(Sumber : Natalini Nova Kristina dan Siti Fatimah Syahid, Warta Puslitbangbun Vol.13 No. 2, Agustus 2007)

Sehat dengan mengkudu

|
Bagi masyarakat Indonesia, Morinda citrifolia, yang lebih dikenal dengan Buah Mengkudu atau Buah Pace, bukanlah sesuatu yang asing. Ia dikenal secara turun temurun sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, diantaranya : menghilangkan rasa sakit, menyembuhkan luka, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, menambah nafsu makan, masalah haid, dan lain-lain.

Kalau kebetulan di lingkungan rumah Anda banyak pohon mengkudu, mengapa tidak mencoba mengkonsumsi buah mengkudu segar? Berikut ada beberapa resep sehat dg buah mengkudu yang bisa Anda coba.

Resep pertama. Buah mengkudu muda dibuat jus dengan cara diblender bersama air masak secukupnya. Untuk penambah rasa, bisa dibubuhi sedikit madu. Diminum 30 menit sebelum sarapan.

Berkhasiat untuk membersihkan endapan lemak darah, sehingga dapat menyembuhkan aterosklerosis dan stroke, serta mencegah serangan jantung Dapat membatasi penyerapan lemak, konsumsi dan pembentukan lemak di dalam tubuh, sehingga dapat membantu program pelangsingan. Selain itu dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan meredakan pikiran tegang dan stress, gelisah dan rasa tak nyaman.

Resep kedua. Buah mengkudu matang dihaluskan, campur dengan rimpang lempuyang parut, dan beberapa sendok makan air masak. Peras kemudian diminum

Berkhasiat untuk mengobati sakit kuning karena peradangan hati, radang ginjal, dan radang limpa karena serangan malaria Membantu membuang cairan empedu dan kolesterol berlebihan. Menyembuhkan radang saluran kencing, yang disebut anyang-anyangan (kencing sedikit-sedikit dan terasa nyeri).

Resep ketiga. Buah mengkudu matang yang telah dihaluskan dicampur dengan rimpang lengkuas parut, dan beberapa sendok makan air panas. Peras, lalu diminum. Untuk penambah rasa, bisa dibubuhi madu atau gula batu.

Berkhasiat untuk menurunkan demam karena flu dan masuk angin, terutama pada anak-anak, mengobati radang tenggorokan dan radang amandel.

Khasiat Buah Mengkudu diantaranya..


> Menstabilkan tekanan darah dan aras kolestrol - otot jantung
> Gangguan dalam tubuh - kencing manis, sakit kepala, ginjal, buah pinggang, pundi kencing, pundi hempedu dan tiroid
> Mencegah pertumbuhan sel kanser dan tumor
> Sistem pernafasan - resdung, asthma, bronkitis, hingus meleleh, batuk, sakit tekak, batuk kering, kolera dan bayi yang demam selsema
> Gangguan penghadaman - perut kembung, ulcer, gastrik, cirit-beret, muntah-muntah, tidak hadam, buasir,  keracunan makanan
>Mulut dan Tekak - radang tekak, sakit gusi dan sakit gigi
> Sakit tulang dan sendi - terseliuh dan gout
> Penyakit kulit - bisul, luka, kurap, radang, ulser kulit
> Sakit puan - senggugut, gangguan haid
> Menghilangkan gatal - celah kelangkang, pelipatan, ulat air dan penyakit kulit
> Memulihkan kesan umum penuaan (awet muda)
> Menghilangkan ketagihan dadah dan rokok
> Membantu sistem kesuburan lelaki dan wanita
> Meredakan kesakitan (analgesik)
> Meningkatkan tenaga tubuh badan
> Mengurangkan stress (tekanan)
> Anti-oxidant

KANDUNGAN KIMIAWI MENGKUDU

|
Senyawa-senyawa Terpenoid

Senyawa terpenoid adalah senyawa hidrokarbon isometrik yang juga terdapat pada lemak/minyak esensial (essential oils), yaitu sejenis lemak yang sangat penting bagi tubuh. Zat-zat terpen membantu tubuh dalam proses sintesa organik dan pemulihan sel-sel tubuh.

Zat Anti-bakteri

Acubin, L. asperuloside, alizarin dan beberapa zat antraquinon telah terbukti sebagai zat anti bakteri. Zat­-zat yang terdapat di dalam buah mengkudu telah terbukti menunjukkan kekuatan melawan golongan bakteri infeksi: Pseudonzonas aeruginosa, Proteus morganii, Staphylo­coccus aureus, Bacillus subtilis dan Escherichia coli.

Pengujian selanjutnya menunjukkan bahwa kegiatan zat anti-bakteri dalam buah mengkudu dapat mengontrol dua golongan bakteri yang mematikan (pathogen), yaitu: Salmonella dan Shigella. Penemuan zat-zat anti bakteri dalam sari buah mengkudu mendukung kegunaannya untuk merawat penyakit infeksi kulit, pilek, demam dan berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri.

Asam

Asam askorbat yang ada di dalam buah mengkudu adalah sumber vitamin C yang luar biasa. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang hebat. Antioksidan bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas (partikel-partikel berbahaya yang terbentuk sebagai basil samping proses metabolisme, yang dapat merusak materi genetik dan merusak sistem kekebalan tubuh). Asam kaproat, asam kaprilat dan asam kaprik termasuk golongan asam lemak. Asam kaproat dan asam kaprik inilah yang menyebabkan bau busuk yang tajam pada buah mengkudu.

Nutrisi

Secara keseluruhan mengkudu merupakan bahan makanan yang bergizi lengkap. Sebagian besar adat budaya Polinesia masa lampau maupun sekarang, menggunakan buah mengkudu sebagai makanan utama. Penduduk asli kepulauan Pasifik Selatan mengkonsumsi buah mengkudu untuk dapat bertahan hidup pada waktu kelaparan. Demikian pula, para prajurit yang menetap di kepulauan Polinesia selama perang dunia II dianjurkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu untuk menambah kekuatan dan tenaga.

Zat-zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh antara lain: karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral-mineral esensial juga tersedia dalam buah maupun daun mengkudu. Selenium adalah salah satu contoh mineral yang banyak terdapat pada mengkudu dan merupakan antioksidan yang hebat.

Scopoletin

Pada tahun 1993, peneliti universitas Hawaii berhasil memisahkan zat-zat scopoletin dari buah mengkudu. Zat­-zat scopoletin ini mempunyai khasiat pengobatan, dan sebagai tambahan para ahli percaya bahwa scopoletin adalah salah satu di antara zat-zat yang terdapat dalam buah mengkudu yang dapat mengikat serotonin, salah satu zat kimiawi penting di dalam tubuh manusia.

Scopoletin berfungsi memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan melancarkan peredaran darah. Selain itu scopoletin juga telah terbukti dapat membunuh beberapa tipe bakteri, bersifat fungisida (pembunuh jamur) terhadap Pythium, sp dan juga bersifat anti-peradangan dan anti-alergi.

Zat Anti-kanker (Damnacanthal)

Beberapa penelitian terbaru tentang mengkudu dilakukan untuk mengetahui kandungan zat-zat anti­kanker (damnacanthal ). Empat ilmuwan Jepang berhasil menemukan zat anti kanker pada ekstrak mengkudu ketika mereka sedang mencari zat-zat yang dapat merangsang pertumbuhan struktur normal dari sel­sel abnormal K-ras-NRK (sel pra kanker) pada 500 jenis ekstrak tumbuhan, Ternyata zat anti kanker pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

Xeronine dan Proxeronine

Salah satu alkaloid penting yang terdapat dalam buah mengkudu adalah xeronine. Xeronine dihasilkan juga oleh tubuh manusia dalam jumlah terbatas yang berfungsi untuk mengaktifkan enzim-enzim dan mengatur fungsi protein di dalam sel.

Xeronine ditemukan pertama kali oleh Dr. Ralph Heinicke (ahli biokimia). Walaupun buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tetapi mengandung bahan-­bahan pembentuk (prekursor) xeronine, yaitu proxeronine dalam jumlah besar.

Proxeronine adalah sejenis asam koloid yang tidak mengandung gula, asam amino atau asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya dengan bobot molekul relatif besar, lebih dari 16,000. Apabila kita mengkonsumsi proxeronine maka kadar xeronine di dalam tubuh akan meningkat. Di dalam tubuh manusia (usus) enzim proxeronase dan zat­-zat lain akan mengubah proxeronine menjadi xeronine. Fungsi utama xeronine adalah mengatur bentuk dan rigiditas (kekerasan) protein-protein spesifik yang terdapat di dalam sel. Hal ini penting mengingat bila protein-protein tersebut berfungsi abnormal maka tubuh kita akan mengalami gangguan kesehatan.

Secara keseluruhan mengkudu merupakan bahan makanan yang bergizi lengkap. Sebagian besar adat budaya Polinesia masa lampau maupun sekarang, menggunakan buah mengkudu sebagai makanan utama. Penduduk asli kepulauan Pasifik Selatan mengkonsumsi buah mengkudu untuk dapat bertahan hidup pada waktu kelaparan. Demikian pula, para prajurit yang menetap di kepulauan Polinesia selama perang dunia II dianjurkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu untuk menambah kekuatan dan tenaga.

Zat Pewarna

Kulit akar tanaman mengkudu mengandung zat pewarna (merah), yang diberi nama morindon dan morindin.
 

herbal atasi kolesterol

|
Pangkal kegelisahan Murti adalah bobot tubuh 85 kg dan kadar kolesterol melambung: 278 mg/dl. Kolesterol berlebihan itu mengundang beragam penyakit seperti jantung koroner, arteriosklerosis, stroke, dan diabetes
mellitus. Kolesterol tinggi membunuh 7,7-juta jiwa setahun. Pada orang dewasa, disebut berlebih ketika kadar kolesterol darah di atas 200—239 mg/dl; idealnya, 200 mg/dl. Kolesterol berupa zat seperti lilin berwarna putih. Jika darah adalah sebuah jalan raya, maka kolesterol beredar dengan menumpang mobil bernama lipoprotein. Bila muatan berlebihan menyebabkan kolesterol tak terangkut. Tumpukan kolesterol itulah yang
membahayakan karena membentuk plak yang mengganggu peredaran darah. Kecemasan itulah yang mendorong Murti menemui Iskandar, herbalis di Permata Ancol, Jakarta Utara. Iskandar memberinya ramuan 1 sendok makan serbuk jati belanda, 1 sendok teh serbuk daun murbei, dan 1 sendok teh serbuk daun kemuning. Karena daun jati belanda membangkitkan rasa mual, Iskandar menambahkan 3 iris bangle. Ramuan itu diseduh dengan 200 ml air panas. Setelah hangat, ia meminumnya 2 kali sehari setiap pagi dan petang setelah makan. Dua pekan berselang, bobot tubuh turun menjadi 83 kg. Kadar total kolesterol pun
beranjak normal. Berlebih Penderita obesitas seperti Murti memang berisiko terserang kolesterol tinggi. Menurut penelitian di Amerika pada Consensus Conference of Cholesterol, ancaman penyakit jantung koroner 2 kali lebih besar pada orang yang berkadar kolesterol 200—240 mg/dl. Ancaman meningkat 4 kali lipat jika mencapai 300 mg/dl. Mengapa kadar kolesterol meningkat? Menurut dr Nano Sukarno, di Majalengka, Jawa Barat, kolesterol tinggi terjadi lantaran konsumsi pangan berlemak tinggi. Kolesterol, senyawa organik yang umumnya dibentuk dalam jaringan binatang. Bahan pangan kaya kolesterol berasal dari binatang seperti kuning telur, hati, dan otak. Penyebab lain adalah faktor genetis atau bawaan karena hati memproduksi kolesterol dalam jumlah berlebih. 
 
Herbal Mujarab Atasi Kolesterol Daun jati belanda turunkan kolesterol Selain itu faktor hormonal juga berperan meningkatkan kolesterol. Pada wanita menopause produksi hormon estrogen menurun. Padahal estrogen diperlukan dalam memproduksi HDL. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah menyebabkan ateriosklerosis alias penyempitan pembuluh nadi. Penyempitan itu akibat terbentuknya ateroma sehingga pembuluh nadi kaku dan sempit. Ateroma mengandung banyak kolesterol, endapan kapur, dan serabut otot
polos. Ateriosklerosis dapat terjadi di mana-mana. Bila penyumbatan di dalam pembuluh darah otot jantung timbul penyakit jantung koroner, pada otak, timbul stroke. Penyakit lain akibat ateriosklerosis adalah hipertensi dan nyeri sendi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat pada 2002 sebanyak 4,4-juta kematian disebabkan oleh hiperkolesterol alias kolesterol tinggi. Nilai itu setara 7,9% dari jumlah total angka kematian global. Artinya hiperkolesterol merupakan ancaman serius. 
 
Menurut dr Yayan Sri Biyantoro, faedah kolesterol antara lain untuk menjaga dinding sel, kulit, dan berperan dalam produksi hormon seks. Kolesterol juga berguna membentuk sel dan berbagai hormon. Oleh sebab itu, keberadaannya sangat penting. Kolesterol tidak larut dalam air atau darah. Agar menyebar di dalam tubuh, ia perlu pengangkut khusus yang disebut lipoprotein. Berdasarkan densitas (kepadatan), lipoprotein dibedakan menjadi lipoprotein berdensitas tinggi (HDL) dan berdensitas rendah (LDL). Fungsi keduanya berbeda. HDL mengangkut kolesterol dari daerah perifer (pembuluh darah dan berbagai organ tubuh) menuju hati untuk diproses. Setelah itu kolesterol kembali diangkut melalui pembuluh darah oleh LDL ke jaringan-jaringan perifer untuk kelangsungan hidup individu. Pada keadaan Penumpukan Kolesterol pada Saluran Arteri Jantung Kolesterol baik sangat stabil dan membawa LDL jauh dari dinding arteri Kolesterol jahat (LDL) tersendat pada dinding arteri dan menghasilkan plak, penyebabb arteriosklerosis Sel darah  merah 3 obat tradisional normal, HDL harus lebih besar daripada 45 mg/dl dan LDL tidak lebih dari 150 mg/dl. Masalah muncul ketika kadar kolesterol total melebihi ambang batas. Ketika jumlah kolesterol berlebih justru membahayakan kesehatan. Menurut dr Suharti K Suherman SpFK dari Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kadar total kolesterol dalam darah mesti kurang dari 200 mg/ dl. Kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak mendongkrak kolesterol. Kondisi itu diperparah jika kadar HDL anjlok atau kadar LDL melonjak. Melambungnya kadar LDL menyebabkan jumlah kolesterol yang diangkut dari hati ke pembuluh darah dan organ tubuh meningkat. Akibatnya, pembuluh darah yang semula lentur perlahan kaku lantaran lemak menumpuk pada dinding pembuluh darah (arteriosklerosis). Jati belanda
Untuk mengatasi kolesterol berlebih, pengobat tradisional meresepkan daun jati belanda Guazuma ulmifolia sebagai bahan utama. Menurut Iskandar, jati belanda sanggup meluruhkan lemak, mengikatnya, lalu membuangnya bersama urine dan feses. Normalnya kolesterol Murti setelah mengkonsumsi jati belanda sejalan dengan riset Setyo Sri Rahardjo dari Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret, Ngatijan dan Suwijiyo Pramono, dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Mereka meneliti pengaruh pemberian daun jati belanda terhadap aktivitas enzim lipase pankreas pada mencit. Lipase pankreas merupakan enzim yang diproduksi sel acinar yang berfungsi menghidrolisis trigliserida dari makanan dalam usus menjadi 2 monogliserida dan 2 asam lemak rantai panjang. Menurut Dra Azizahwati MS, dosen Departemen Farmasi Universitas Indonesia, jika aktivitas enzim lipase pankreas meningkat, meningkat pula penyerapan monogliserida dan asam lemak yang justru memicu obesitas. Oleh sebab itu, aktivitas enzim lipase pankreas harus dihambat. Penelitian itu untuk membuktikan keampuhan jati belanda menghambat aktivitas enzim lipase. Riset dilakukan pada 30 mencit jantan Rattus norvegicus berbobot 150—200 g yang dibagi 4 kelompok secara acak. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa penurunan aktivitas enzim lipase setelah 30 hari perlakuan. Efektivitas penghambatan meningkat seiring peningkatan dosis. Artinya jati belanda cenderung menghambat pertambahan bobot tubuh mencit seiring pertambahan dosis. Pemberian ekstrak daun jati belanda juga tidak menimbulkan perubahan konsumsi makanan. Menurut Setyo Sri Rahardjo, efek itu disebabkan senyawa alkaloid pada jati belanda yang berstruktur kimia mirip Orlistat penghambat aktivitas enzim lipase. Orlistat adalah obat sintetis kimia yang menghambat aktivitas enzim lipase pankreas sehingga meningkatkan sekresi lemak melalui feses. Akibatnya, penyerapan lemak oleh hati terhambat sehingga mustahil diubah menjadi kolesterol dan kadarnya dalam darah tidak berlebih.

Jus mengkudu  terbukti secara ilmiah mampu normalkan kolesterol Senyawa aktif lainnya flavonoid, tanin, dan saponin. Hasil riset Monica Widyawati S dan Farida Lanawati Darsono, peneliti obat tradisional Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya, memperkuat bukti keampuhan tanaman asal hutan Amazon itu. Ekstrak daun jati belanda diberikan secara oral dengan konsentrasi 15—30% kepada kelinci. Hasilnya, kadar kolesterol turun secara signifikan. Hebatnya jati belanda bukan hanya menurunkan kolesterol jahat (LDL), tetapi juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Begitulah hasil riset Adil Fadilah Bukini dari Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran. Obat habis Sebagai negara megabiodeversitas, Indonesia memang kaya herbal antikolesterol. Dianti Purnomo di Puri Taman, Cirebon, Provinsi Jawa Barat, memilih mengkudu untuk mengatasi kolesterol tinggi: 270 mg/dl. Peningkatan kadar kolesterol itu lantaran perubahan hormonal karena memasuki menopause. Celakanya, perempuan 53 tahun itu jarang berolahraga. Hasil pengecekan darah menunjukkan kadar LDL 248 mg/dl; normal 100 mg/dl. LDL disebut jahat lantaran penyebab menempelnya kolesterol pada pembuluh darah sehingga aliran darah tersumbat. Kadar trigliserida naik 240 mg/dl; normal 150 mg/dl. Trigliserida memicu penyempitan pembuluh darah. Sedangkan HDL high density lipoprotein 36 mg/ dl; normal 60 mg/dl. HDL berperan dalam menekan jumlah LDL sehingga dikenal dengan kolesterol baik. Mula-mula untuk mengatasi kolesterol tinggi, Dianti rutin berolahraga, jalan pagi 2 jam sehari. Selain itu, selama 1 bulan ia juga rutin minum obat-obatan penurun kolesterol dari dokter. Meski demikian upaya itu tak membuahkan hasil, kadar kolesterolnya tak kunjung turun. Alih-alih kolesterol normal, ia malah kerap pusing, migrain, nyeri persendian, dan insomnia alias susah tidur. Keinginan untuk sembuh begitu kuat sehingga Dianti tak patah arang. Ia tetap tekun mengkonsumsi obat-obatan penurun kolesterol. Pada awal September 2009, ia kembali membeli obat penurun kolesterol di apotek. Sayang, persediaan obat yang biasa dikonsumsinya habis. Ketika itulah ia membaca brosur tentang khasiat jus mengkudu Morinda citrifolia. Salah satu faedah tanaman kerabat kopi itu adalah sebagai penurun Banyak diresepkan herbalis 5 obat tradisional kolesterol. “Karena obat yang dicari tidak ada, maka saya mencoba jus noni (jus mengkudu, red). Barangkali bisa menurunkan kolesterol saya,” kata Dianti. Ia membeli sebotol jus noni. Setiap hari Dianti rutin mengkonsumsi 4 sloki jus noni, 2 sloki sebelum sarapan dan 2 sloki sebelum makan malam. 
 
Bukti ilmiah Saat awal minum jus noni, Dianti tak langsung merasakan khasiatnya. Dua hari pertama, ia merasa pusing dan sering buang air besar. Pada hari ketiga, ia merasa lebih segar. “Pusing hilang dan badan terasa lebih enak. Mungkin gejala pusing itu merupakan penyesuaian tubuh saya terhadap jus mengkudu,” ujar Dianti. Oleh karena itu ia terus melanjutkan konsumsi jus mengkudu. Dua bulan rutin minum jus noni, “Nyeri persendian hilang dan sekarang tidur sudah bisa lebih nyenyak, tidak insomnia lagi,” kata Dianti. Ia bergegas memeriksakan diri ke laboratorium pada 31 Oktober 2009. Hasilnya sungguh menggembirakan, kadar kolesterol turun 184 mg/dl, LDL 108 mg/dl, trigliserida 136 mg/dl, dan HDL meningkat 57 mg/dl. Hingga sekarang Dianti tetap rutin mengkonsumsi jus Morinda citrifolia itu. Menurut Lina Mardiana, herbalis di Yogyakarta, jus mengkudu memang ampuh mengatasi tumpukan kolesterol. Ia meresepkan mengkudu untuk mengatasi kolesterol penyebab hipertensi. Untuk mengkonsumsinya, 5 buah mengkudu dijus, lalu air perasannya ditambah dengan seduhan 3 g daun kumiskucing. Ramuan itulah yang diminum 3 kali sepekan untuk menumpas kolesterol. Retno Budiningsih periset Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Sultan Agung, membuktikan mujarabnya mengkudu sebagai antikolesterol. Ia menguji 25 tikus berkadar LDL tinggi yang dikelompokkan menjadi 5 grup. Pada hari ke-14 Retno mengambil sampel darah hewan percobaan untuk menguji kadar LDL. Hasilnya, LDL kelompok tikus yang diberi air perasan mengkudu lebih rendah ketimbang kelompok tanpa mengkonsumsi air perasan mengkudu. Nilai LDL kelompok V 60,12 mg/dl, jauh lebih rendah ketimbang kelompok yang tidak diberi air perasan buah mengkudu, 91,74 mg/dl. Artinya pemberian jus mengkudu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Yang menggembirakan pemberian jus mengkudu juga meningkatkan kadar oksida nitrogen (NO) dalam darah. Dalam sel, NO berperan merelaksasi
pembuluh darah dan menghancurkan tumpukan kolesterol. Bambu Daun jati belanda dan mengkudu bukan satu-satunya herbal mujarab untuk mengatasi kolesterol tinggi. 
 
Herbal lain adalah daun bambu Phyllostachys glauca. Sri Wahyuningsih (32 tahun) berkadar kelesterol hingga 492 mg/dl. Ia penyuka gorengan. Atas anjuran suami, Didy Lohita, ia mengkonsumsi ekstrak daun bambu hingga kadar kolesterolnya normal kembali. Sri mengkonsumsi ekstrak daun bambu dalam bentuk tablet yang tersedia di pasaran. Dosis konsumsi 1 tablet 3 kali sehari. Bagaimana duduk perkara daun bambu mengatasi kolesterol? Mekanisme kerja daun bambu mengontrol kolesterol dengan meningkatkan aktivitas glutation peroksida (GSH-px) dan superoksida dismutase (SOD). SOD senyawa aktif yang melawan aktivitas superanion radikal bebas pencetus oksidasi lipida. Flavonoid daun bambu gerus kolesterol obat tradisional 6 Namun, reaksi penghambatan oleh SOD menghasilkan hidrogen peroksida yang membahayakan tubuh. Untung ada GSH yang memecah hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen. “Daun bambu pengencer lendir, termasuk lendir yang tak terlihat seperti lemak kolesterol dalam tubuh,” kata dr Wiiliam Adi Teja, ahli pengobatan timur alumnus Beijing University of Traditional Chinese Medicine, China. Zhang periset Departemen Ilmu Gizi dan Nutrisi, Universitas Zhejiang, China, menemukan 4 senyawa aktif flavonoid glikosida terutama jenis karboglikosida. Jenisnya berupa poligonum oriental glukosida, iso-poligonum oriental glukosida, viteksin, dan iso-viteksin. Selain itu, daun bambu juga mengandung asam fenolat, antrasikuinin, amilosa, lakton kumarin, mangan, dan besi. Jenis asam fenolat dalam daun bambu antara lain asam sinamat, asam klorogenat, asam kafeat, dan asam ferulat. Senyawa-senyawa itu bersatu memerangi kolesterol Sri sebagaimana terbukti dalam uji klinis yang dilakukan oleh Shanghai First People Hospital, China. Riset itu melibatkan 78 pasien berusia 35—80 tahun yang memiliki metabolisme lemak rendah. Dampaknya tubuh sulit mencerna lemak sehingga memicu beragam penyakit. Nilai serum kolesterol darah mereka melebihi 5,98 mmol/ liter (kadar normal 5,2 mmol/l), trigliserida lebih dari 2,2 mol/l (kadar normal: 0,1—1,7 mmol/l), dan high density lipoprotein HDL alias kolesterol baik 1,04 mmol/liter (kadar normal: 1,3 mmol/l untuk perempuan dan 1 mmol/liter bagi laki-laki). Hasilnya setelah 3 bulan, kadar trigliserida pasien yang mengkonsumsi daun bambu menurun 33,3% dari rata-rata 3,3 mmol/liter menjadi 2,2 mmol/liter. Peningkatan kadar trigliserida itu juga diikuti dengan peningkatan 27,3% kadar HDL, dari sebelumnya 1,1 mmol/liter menjadi 1,4 mmol/liter. Selain itu, flavonoid asal daun bambu juga terbukti aman bagi tubuh karena tidak mempengaruhi kandungan darah, urine, kadar gula, dan fungsi hati serta ginjal. Daun bambu Phyllostachys glauca kaya flavonoid dr Wiiliam Adi Teja, daun bambu peluruh kolesterol 7 obat tradisional Makhluk mini Trubus menemui Chen Liao, guru sekolah dasar di Tainan, Taiwan. Ia mendapat cuti khusus selama 2 tahun setelah tragedi tabrakan sepeda motor. Selama cuti itu ia lebih banyak menghabiskan waktu di atas tempat tidur sehingga jarang berolahraga. Di sisi lain untuk memulihkan sakitnya, Chen banyak mengkonsumsi pakan berprotein tinggi. Dalam budaya Taiwan, itulah yang disebut cia po’. Dampaknya kadar kolesterol perempuan kelahiran 9 April 1941 itu melambung hingga 285 mg/dl; kadar normal 135— 200 mg/dl. Itu persis yang dialami Irwan Liauw di Kemayoran, Jakarta Pusat. Saat itu—pada 2001—ia hendak pulang ke rumahnya di Pluit, Jakarta Utara.
Pascatabrakan, kadar trigliserida Irwan melambung, 700 mg/dl. Kadar normal 200 mg/dl. Mereka mengalami kecelakaan yang sama dan sembuh dengan herbal yang sama pula, yakni cryptomonadales. Cryptomonadales adalah tumbuhan bersel satu hasil temuan Prof Dr Wang Shun Te dari Taiwan. Kepada Trubus Prof dr Ih- Jen Su PhD dosen Fakultas Kedokteran National Cheng Kung University Taiwan mengatakan kandungan cryptomonadales amat lengkap. Ih-Jen Su yang juga periset National Health Research Institute menyebut fikosianin, klorofil, asam linoleat gamma, dan Peroxisome Proliferator Acctivated Reseptors (PPARs) terkandung dalam cryptomonadales. Yang disebut terakhir merupakan senyawa aktif yang ditemukan Ih-Jen Su. Nah, PPARs itulah yang merangsang sel T dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Sejak setahun lalu Chen Liao mengkonsumsi 60 tablet cryptomonadales 3 kali sehari sebelum makan. Meski awalnya ragu,Irwan Liauw juga mengkonsumsi 20 tablet cryptomonadales 2 kali sehari. Baru 2 pekan mengkonsumsi, mereka yang tak saling kenal merasakan hal sama. “Dada saya sakit seperti tertusuk jarum. Ternyata itu efek detoksifikasi,” ujar Irwan yang perokok itu. Namun, efek seperti itu hanya berlangsung 7—10 hari. Tujuh bulan rutin mengkonsumsi cryptomonadales, kadar kolesterol Chen kembali normal. Menurut dr Yayan kandungan tumbuhan liliput berukuran 7 mikron itu amat lengkap. Kelengkapan nutrisi cryptomonadales itu menyebabkan liver dapat berfungsi dengan baik sehingga produksi kolesterol terkontrol. Selain itu, cryptomonadales juga mengandung serat larut yang tokcer mengikat lemak. “Jadi saat lemak bersama makanan masuk ke dalam usus, maka fiber atau serat segera mengikatnya sehingga tak masuk ke dalam darah,” ujar Yayan. Selain daun jati belanda, daun bambu, dan mengkudu masih banyak herbal antikolesterol lain. Konsumsi rutin buah alpukat, misalnya, mencegah peningkatan kolesterol. Buah Persea americana itu kaya antioksidan yang mencegah melonjaknya kolesterol. Mari ke dapur untuk memperoleh bawang merah dan bawang putih yang memiliki senyawa aktif ajoene. Ajoene merupakan antikolesterol yang mencegah penggumpalan darah. Kedua sayuran bumbu itu salah satu pilihan untuk mengatasi kolesterol yang melambung. Beberapa siung umbi lapis anggota famili Liliaceae itu dapat dimakan segar. “Dua siung bawang putih setiap hari, hindarkan tubuh dari kolesterol jahat,” kata Lukas Tersonoadji, herbalis di Tangerang.***
Cryptomonadales mengandung nutrisi lengkap

10 Efek Buruk Minuman Bersoda

|
       Ketika merasa haus, banyak di antara kita melepas dahaga dengan sebotol soda dingin. Apalagi saat ramadan, soda dingin ketika berbuka puasa terasa sangat menyegarkan tenggorokan yang kering. Rayuan iklan pun acapkali membuat kita tergiur dengan minuman berkarbonasi itu.


Tapi tahukah Anda, bahwa soda adalah salah satu minuman terburuk selain alkohol? Anda bisa terkena candu kafein dalam soda. Belum lagi kandungan gulanya yang sangat tinggi. Kenali 10 efek berbahaya minuman bersoda bagi tubuh seperti dikutip dari Method of Healing.

1. Menaikkan berat badan

Minum satu kaleng soda tiap hari dalam sebulan akan menaikkan berat badan sebanyak setengah kilogram.

2. Tidak ada nilai gizi dalam soda

Saat kehausan atau setelah berpuasa, tubuh membutuhkan cairan yang bernutrisi. Sedangkan soda tak memiliki nilai gizi di dalamnya. Minuman ini hanya akan menjadi ‘limbah’ dalam tubuh.

3. Meningkatkan risiko diabetes

Tingginya kadar gula dalam soda mampu meningkatkan risiko Anda terkena diabetes.
4. Soda dapat menyebabkan osteoporosis

Bila meminum soda dengan kandungan kalsium rendah, Anda bisa terkena keropos tulang atau osteoporosis.
5. Soda bisa merusak gigi

Kandungan senyawa soda mampu mengikis dan merusak lapisan enamel gigi. Sehingga gigi jadi mudah berlubang dan rusak.

6. Soda berefek terhadap kerusakan ginjal

Orang yang gemar minum soda berisiko lebih besar terkena batu ginjal serta kerusakan pada ginjal.

7. Memicu penyakit maag

Soda menjadikan peminumnya berpeluang lebih besar terkena dan memperparah penyakit maag.

8. Soda menimbulkan dehidrasi

Kadar kafein dan gula dalam soda dapat menyebabkan tubuh dehidrasi.

9. Soda mengacaukan sistem pencernaan

Ketahuilah, asam dalam soda tidak bereaksi dengan baik dalam sistem pencernaan.

10. Diet soda berbahaya

Soda diet mengandung pemanis buatan aspartam yang diakitkan dengan beberapa gangguan seperti fenilketonuria.

Alternatif Sehat Pengganti Soda?

Lantas apa yang bisa membantu Anda untuk melepaskan diri dari ketergantungan terhadap soda? Jika menilik nilai gizinya, jus merupakan pilihan minuman terbaik. Sedangkan air putih merupakan minuman terbaik agar tubuh tetap terhidrasi. Satu hingga dua gelas jus buah setiap hari, ditambah enam gelas air putih serta minuman yang diperkaya kalsium adalah paduan terbaik untuk kesehatan. (adi)

http://www.vivanews.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...